Mengenal Internet dan Aplikasi Internet

Posted on

Aplikasi internet yang ada saat ini telah banyak dan akan terusbertambah seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Aplikasi- aplikasi internet inikemudian digunakan dalam bermacam bidang seperti bidang akademis, militer, medis, media massa, dan bermacam sektor industri yang lain.

INTERNET adalah?

Interconnection networking atau yang sering biasa disebut dengan internet merupakan suatu jaringan yang terhubung menggunakan standart sistem global sebagai pertukaran paket untuk melayani berjuta- juta atau lebih orang- orang atau pengguna yang menggunakan internet.

Dan di dalam internet juga mempunyai aplikasi. Aplikasi yang tersedia di internet sudah banyak dan berkembang atau meningkat bersamaan dengan kemajuan teknologi yang terdapat pada internet. Seperti World Wide Web( WWW), Electronic Mail( E- mail), Mailing List( MILIS), Internet Relay Chat( IRC) serta berbagai aplikasi yang lain.

Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada, yang banyak diketahui dan dipakai antara lain adalah sebagai berikut:

1. World Wide Web( WWW)

Suatu website yang digunakan untuk membuka apa yang hendak dicari oleh si pengguna internet itu sendiri. Dan website ini umumnya memakai bentuk hypertext dan hypermedia dengan menggunakan HTML.

2. Email( Elektronic Mail)

Electronic Mail( email) yang berarti ssurat elektronik ini berfungsi untuk mengirim surat. Menurut sejarahnya layanan ini merupakan layanan internet yang awal di dunia. Apalagi saya baca di wikipedia email tercipta saat sebelum internet diciptakan. Dengan adanya layanan Email kita dimudahkan dalam mengirim surat. Ilustrasi layanan Email adalah Tahoo, Gmail, dan lain- lain.

3. E- Commerce

E- Commerce merupakan yalanan intrenet yang dipakai untuk kepentimgan ekonomi. Toko online merupakansalah satu ilustrasi dair layanan E- Commerce. Dengan adanya layanan ini, kita tidak perlu peergi ke toko buat berbelanja, karna kita bisa beli barang secara online serta tidak peerrlu cape, contohnya Tokopedia, Buka Alas, Lazada, dan lain- lain.

Baca Juga :  6 Aplikasi Tanam Saham Terpercaya dan Terbaik 2021

4. E- Banking

Dengan adanya E- Banking cara memindahkan uang yang anda lkukan bisa berjalan dengan cepat. Saat ini telah bnyak Bank yang sediakan layanan ini, alhasil para pelanggan Bank itu tidak butuh lagi berangkat ke ATM buat melaksanakan memindahkan duit. Apalagi sebagian Bank telah menjalar ke dumia mobile, alhasil aktivitas memindahkan duit dapat dicoba dimana saja serta bila saja.

5. E- Learning

Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatapmuka secara langsung, melainkan dari jara jauh. Koomputer menjadi perantara antara guru serta peserta didik. Dengan terdapatnya E- Learning kita bisa membaca materi secara berulang ulangg. Namun dapat mengurangi interaksi antara guru dengan murid secara langsung.

6. E- Goverment

E- Goverment merupakan wujud pelayanan pemerintah kepada masyarakatnya dengan menggunakan teknologi informasi. Ada beberapa bentuk penyampaian penting yaitu Goverment to Citizen atau Goverment to Customer( G2C), Goverment to Goverment( G2G). E- Goverment dciharapkan dapat meningkatkan kemampuan, kenyamanan dan aksesibilitas yang lebih bagus dari jasa publik.

7. Milist( Mailing List)

Milist atau Mailing List merupakan layanan yang dipakai untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi. Tiap anggona milist dapatmembaca pesan dari anggota yang lain yang terletak dalam lingkaran grup diskusi. Serta setiap anggota juga berkuasa membalas surat atu tidak. Apabila terdapat salah satu anggota yang membalas pesan maka seluruh anggota yang terletak dalam grup itu akan menemukan balasan pesan. Dalam Milist setiap orang bisa berlangganan atau berhenti berlangganan.

8. Internet Relay Chat( IRC)

IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah salah sesuatu teknologi dimana tiap orang bisa berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Dengan adanya teknologi inikita bisa berteman dengan orang baru dan memperbanyak sahabat atau relasi. Kita juga dapat saling melihat wajah lawan bicara kita bila pc kita ataupun orang itu dilengkapi dengan WebCam.

Baca Juga :  5 Aplikasi untuk Belajar Musik di Android

9. Voic Over Internet Protocol( VOIP)

VOIP memungkinkan kita buat berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIPhanya menginginkan koneksi internet sehingga tidak perlu memakai pulsa. Di Indonesia terdpat VOIP Rakyat, anda dapat mengunakan fasilitas ini dengann gratis.

 

Demikian penjelasan macam- macam aplikasi internet yang bisa saya share mudah- mudahan dapat berguna bagi kita semua yang memerlukannya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.