aplikasi SDGs untuk PC

Cara Mengunduh Aplikasi SDGs untuk PC dengan Mudah

Posted on

Sudahkah Anda tau bagaimana cara mengunduh aplikasi SDGs untuk PC, jika belum maka kami akan menjelaskannya secara lengkap untuk Anda. SDGs berasal dari singkatan Sustainable Development Goals, yang dirancang khusus oleh Kemendesa PDTT.

Tujuan dibuatnya SDGs adalah untuk pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detail, lebih lengkap, agar dapat menyajikan berbagai informasi yang lebih lengkap, untuk memperbaiki data-data pada level Rukun Tetangga, Rukun Warga dan Warga.

Pemanfaatan aplikasi SDGs berguna untuk mengakhiri angka kemiskinan di Indonesia yang semakin meningkat, apalagi setelah terkena imbas pandemi yang masih berlangsung. Manfaat lainnya juga untuk mengurangi kesenjangan sosial dan melindungi lingkungan.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah, sebagai Tindakan agar desa-desa di Indonesia terus mengalami kemajuan tentunya, dan tidak kalah dengan daerah perkotaan. Jika Anda belum mengerti cara mengunduh SDGs dan mengakses dashboard, maka simak artikel berikut ini.

Tahapan dalam Mengunduh Aplikasi SDGs untuk PC dan Smartphone

Meskipun beberapa desa di Indonesia masih mengalami kesulitan dalam beberapa aspek, namun sedikit demi sedikit pemerintah mencoba untuk mengembangkan lingkungan, pendidikan, kebudayaan, kesehatan dan lainnya melalui aplikasi SDGs.

1.   Mengakses Play Store

Sebelum mengunduh aplikasi SDGs, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa aplikasi ini berukuran 4,5 MB. Sayangnya aplikasi ini hanya tersedia pada perangkat berbasis Android saja, sedangkan bagi Anda pengguna smartphone IOS maka belum bisa mengunduhnya.

Jika Anda ingin mengunduhnya melalui PC, maka pengguna bisa mengunjungi berbagai website resmi yang menyediakan link download tersebut. Sebab di Microsoft Store, aplikasi SDGs belum tersedia. Di Play Store, aplikasi ini bernama Pendataan SDGs Desa.

2.   Klik “Download”

Tahapan selanjutnya dalam mengunduh aplikasi SDGs untuk PC adalah, pengguna perlu menemukan tombol Download. Jika Anda download melalui smartphone, maka prosesnya akan lebih mudah, setelah pengguna mengunduhnya, maka SDGs akan terinstall secara otomatis.

Baca Juga :  5 Aplikasi Trader Terpercaya untuk Investor Pemula

Berbeda halnya jika pengguna mengunduh SDGs melalui PC, maka setelah Anda unduh biasanya aplikasi tersebut akan berada di dalam File Explorer pada bagian Download. Setelah itu pengguna perlu mengaksesnya, dan klik Run atau Install.

Akses Dashboard Aplikasi SDGs untuk PC

Pastinya tampilan aplikasi SDGs akan sedikit berbeda, jika Anda mengunduhnya melalui PC ataupun smartphone. Namun tahapan yang akan kami berikan, bisa pengguna ikuti seperti berikut ini.

1.   Login Aplikasi SDGs

Setelah aplikasi selesai Anda unduh, maka Anda perlu melakukan login terlebih dahulu dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Handphone yang sebelumnya telah Anda daftarkan kepada Tenaga Pendamping Profesional (TPP).

Setelah klik tombol Login yang terdapat di bawah, maka halaman akan membawa Anda menuju Home. Namun jika pengguna mengalami kendala dalam mengakses masuk, pengguna dapat menghubungi TPP atau Pendamping Lokal Desa di lokasi tempat tinggal Anda.

Berbeda halnya jika Anda mengakses aplikasi ini melalui komputer atau laptop, maka bisa mengaksesnya melalui laman https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id. Pada laman tersebut, pengguna dapat langsung memasukkan username dan password pada kolom yang tertera.

2.   Klik Menu Data Survey

Setelah sampai di menu Home, pengguna dapat mengakses berbagai pilihan menu yang ada. Seperti Data Survey misalnya, jika Anda mengaksesnya, maka pengguna bisa melihat Survey Desa, Survey Rukun Tetangga, Survey Keluarga dan Survey Individu.

Pada menu Survey Individu, pengguna dapat melihat data Anda sendiri yang sebelumnya pernah diinput. Nantinya data tersebut juga dapat pengguna cetak/print, atau mengedit data tersebut jika terdapat kesalahan.

Pemanfaatan teknologi memang harus segera digencarkan, pada beberapa titik wilayah di Indonesia temasuk daerah pedesaan. Agar ketertinggalan teknologi tidak semakin jauh, yang membuat lokasi tersebut sulit untuk maju.

Baca Juga :  Aplikasi Video Conference untuk Mendukung Meeting Online

Dengan adanya aplikasi SDGs untuk PC dan smartphone, maka warga desa bisa memanfaatkan teknologi yang ada dan semakin beradaptasi akan hal itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.