Aplikasi video conference

Aplikasi Video Conference untuk Mendukung Meeting Online

Posted on

Aplikasi video conference sekarang ini menjadi semakin banyak digunakan setelah anjuran di rumah saja yang dilakukan olah pemerintah karena pandemic virus. Tentu saja masyarakat langsung melakukan instal aplikasi meeting di perangkat masing-masing.

Dengan adanya perkembangan teknologi, pelajar serta pekerja bisa melakukan tugas dengan baik serta melakukan interaksi dengan rekan kerja meskipun harus terpisah jarak.

Harus diakui dengan adanya pandemic seperti sekarang ini, melakukan meeting dengan menggunakan aplikasi bisa dikatakan sangat efektif. Namun, Anda harus hati-hati ketika memilih aplikasi ini, hal ini dilakukan untuk menghindari serangan hacker yang mungkin bisa merugikan Anda.

Pilih Aplikasi Video Conference yang Resmi

Untuk menghindari serangan hacker ketika melakukan panggilan video conference, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih aplikasi resmi serta versi terbaru.

Bukan hanya itu, aplikasi juga harus memiliki fitur enkripsi serta link communication sehingga bisa diaktifkan ketika meeting sedang berlangsung. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan, seperti:

  1. Google Meet

Google mengeluarkan aplikasi yang bisa digunakan untuk video conference, aplikasi ini memiliki nama Google Meet. Google Meet memiliki jumlah pengguna yang begitu banyak sekarang ini.

 

Google Meet secara langsung dan penuh terintegrasi dengan G Suite sehingga bisa memudahkan pengguna untuk bergabung di meeting online dari undangan yang diberikan. Selain itu dengan adanya G Suite, peserta bisa melihat jadwal rapat lainnya.

 

  1. Zoom

Aplikasi lain yang mungkin sering Anda dengar beberapa waktu belakangan ini adalah Zoom. Zoom menjadi aplikasi meeting yang begitu banyak digunakan sekarang. Pengguna Zoom lebih banyak didominasi pelajar yang sedang melakukan pembelajaran dengan cara daring.

 

Bukan hanya pelajar, biasanya karyawan yang sedang bekerja dari rumah juga menggunakan Zoom untuk melakukan koordinasi. Penggunaan Zoom marak dilakukan karena Zoom bukan hanya menyediakan fitur video conference.

Baca Juga :  Aplikasi Beli Saham Terpecaya dan Bisa Dicoba

 

Dengan menggunakan Zoom, pengguna bisa melakukan perekaman, live chat, audio conference dan lainnya. Untuk penggunanya sendiri, Zoom dibagi menjadi beberapa versi. Untuk Zoom free, Anda dapat mengaksesnya dengan gratis.

 

  1. Skype

Aplikasi lain yang bisa menjadi pilihan adalah Skype. Skype merupakan aplikasi conference yang dikeluarkan oleh Microsoft. Skype sudah dirilis dari tahun 2003, serta dapat digunakan hingga 50 orang dalam sekali conference.

 

Skype dapat Anda gunakan tanpa perlu melakukan instalasi terlebih dulu atau melakukan pendaftaran akun. Hal ini disebabkan Karena Skype dapat diakses melalui website. Jika ingin memulai conference, Anda hanya perlu klik “buat rapat gratis”.

 

  1. Microsoft Teams

Microsoft Teams menjadi salah satu aplikasi meeting berikutnya untuk dijadikan sebagai pilihan. Dengan menggunakan Microsoft Teams, Anda bisa dengan mudah melakukan meeting sembari dengan mengirim pesan.

 

Bukan hanya itu, Microsoft Teams juga memungkinkan Anda melakukan kolaborasi dokumen dengan rekan kerja. Microsoft Teams sudah terkoneksi dengan layanan Office 365. Microsoft Teams sering digunakan untuk presentasi, meeting online, webinar atau conference.

 

  1. Lifesize

Jika Anda ingin melakukan meeting dengan kualitas video terbaik, Lifesize bisa menjadi pilihan Lifesize memiliki teknologi 4K Video Conferencing. Bukan hanya itu, Lifesize mampu menjadikan meeting Anda menjadi seperti bertatapan langsung.

 

Bukan hanya itu, Lifesize juga memiliki tampilan yang lebih jernih, tajam sert halus. Namun, untuk memperoleh tampilan tersebut, perangkat yang digunakan harus support agar bisa mentransfer data 4K.

Antara satu dengan lainnya tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri, oleh sebab itu, pastikan membandingkan antara satu aplikasi video conference dengan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.